Rabu, 02 Maret 2011

Bapak kena Tiphus (lagi) ....

Dua minggu ini suami saya sakit. Ternyata kena tiphus (lagi)... beberapa tahun yang lalu juga menderita sakit yang sama.
Tidak tega rasanya melihatnya lemas begitu.
Biasa melihatnya aktif, sekarang melihat dia begitu tersiksa dengan nonaktifnya beberapa kegiatan.

Tipus merupakan kasus infeksi perut yang rentan terjadi pada suami saya. Kenapa ya... Diawali demam lebih dari seminggu. Mulanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam tipus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek, tapi kali ini suami saya juga batuk berat. Sehingga kalau sedang batuk, kepalanya langsung cenut- cenut. Pastilah perut terasa tidak enak, apalagi disinyalir asam lambungnya naik. Sepertinya harus cuti agak lama.

Jika diamati, lidah tampak berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang. Bibir kering, dan kondisi fisik tampak lemah, serta nyata tampak sakit. Ternyata, jika sudah lanjut, mungkin muncul gejala kuning, sebab pada tipus organ hati bisa membengkak seperti gejala hepatitis. Pada tipus limpa juga membengkak.

Kuman tipus tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri sakit tipus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol, dan usus jadi bolong. Serem ya penjelasannya...

Get well soon ya Pak...

Tidak ada komentar: