Kamis, 24 Februari 2011

Beban Mengajar Tahun ini yang Luar Biasa

Senin, 30 Nop 2010

Hari ini hari Senin. Hari tersibuk pertama sepanjang minggu. Bukan saja karena kemarin libur, dan seakan-akan ini menjadi hari rutin terjadi kemacetan dan suasana kalang kabut, tetapi hari ini juga saya mengajar 8 jam pelajaran. Nyaris penuh dari sepuluh jam pelajaran dalam sehari. Pada awal semester bahkan hari Senin saya dapat sepuluh jam nonstop. Wow. Prestasi yang melelahkan. Alhamdulillah dikurangi 2 jam pelajaran setelah saya sedikit mengeluh, karena setiap Senin pasti saya sesak nafas.

Tahun ini saya mengajar 2 mata pelajaran. Ekonomi dan Leadership. Total jumlahnya 30 jam. Senin 8 jam, Selasa 8 jam, Rabu 6 jam, kamis 4 jam, jumat 4 jam. Lumayan menguras tenaga, apalagi Senin dan Selasa.
Hari Rabu, Kamis dan Jumat saya agak longgar. Biasanya hari-hari tersebut pengembangan pelajaran. Tapi karena 2 mata pelajaran, waktu saya agak terasa sempit untuk mengembangkan diri.
Capek banget rasanya.

Di lain pihak, setahu saya, ada unit lain yang hanya diberi maksimal 18 jam per minggu. Sisanya dipergunakan untuk pengembangan. Jelas leluasa, dibandingkan 30 jam pelajaran.
Bagaimana mengambil keputusannya tentang perbedaan seperti itu?

Saya sih berdoa, semoga saya bisa memanfaatkan waktu yang agak sulit dicari ini.

Ada kabar mengejutkan saya hari Jumat kemarin. Mengejutkan sekaligus mengkhawatirkan, tentang rekening BRI suami yang ternyata sudah diblokir. Padahal seharusnya uang tunjangan sertifikasi sudah turun. Innallillahi.

Tidak ada komentar: