Selasa, 12 April 2011

4 hari sebelum UN

Hari ini saya berikan soal buat anak-anak latihan. Minggu lalu sudah saya infokan hal ini. Respon yang terjadi sama saja, seperti biasa mengeluh dan melenguh.
Saya sisipkan pesan untuk mereka, ini adalah tes untuk mengecek kesiapan mereka menghadapi UN. Saya menyingkirkan kekhawatiran nilai mereka. Santai saja... saya tak perlu nilai kalian. Ternyata mereka lebih enjoy mengerjakan soal.

Saya harus tetap mempersiapkan mental mereka dengan memberikan materi soal-soal sesuai SKL walaupun mereka terlihat sesak dada atau berespon aneh. Berbagai kejadian memang terjadi, menandakan terganggunya kenyamanan mental mereka.
Beberapa orang sakit dan sempat dirawat di rumah sakit. Maka harus diingatkan pada anak-anak yang punya penyakit akut, karena kondisi mereka yang lelah dan stres bisa memicu penyakit tersebut muncul justru di hari yang paling penting buat mereka.

Ujian susulan memang sudah dijadwalkan oleh pemerintah, tapi anak harus punya tameng mental yang dua kali lipat. Karena ujian susulan dilaksanakan bersama di satu sekolah. Entah di mana, pengawasnya entah siapa, pesertanya entah berapa orang. Pastilah suasananya lebih mengerikan.

Kabar duka juga menyelimuti anak-anak saat menjelang UN ini. Salah seorang siswa harus membagi dua kecemasannya, UN dan sang ayah yang sudah beberapa hari koma di rumah sakit. Siswa lainnya tiga hari yang lalu kehilangan sang ibu karena ditinggal menghadap Sang Khalik. Jelas mempengaruhi kejiwaannya. Saat yang penting. Idealnya, ada ibu yang jadi penyemangat, yang jadi pelipur susah, sekarang tak ada.

Luar biasa kejadian-kejadian kairos seperti ini.
Mudah-mudahan mereka diberi kekuatan menghadapi UN, diberi kemudahan menjawab semua soal. Diberi ketenangan saat mengerjakannya. Diberi kesehatan, karena tanpa kesehatan apalah artinya hari-hari damai.

Selamat berjuang ya nak. UN ini bukan akhir segala-galanya, tapi justru langkah awal keberhasilan kalian. Tenanglah menghadapinya. Jadikan ini tantangan yang harus dihadapi. Mudah-mudahan berhasil.

Tidak ada komentar: